Cara Membuat Hiasan dari Kaca

Cara Membuat Hiasan dari Kaca

Untuk kamu yang suka membuat macam-macam barang kerajinan, kaca adalah salah satu bahan yang bisa dikreasikan menjadi hiasan-hiasan cantik. Di artikel ini kita akan belajar beberapa cara membuat hiasan dari kaca. Ada banyak kreasi kaca bekas yang mudah dibuat, asalkan kamu tahu cara membuat kerajinan tangan dari pecahan kaca. Salah satunya yang akan dijelaskan di sini adalah cara membuat lampu hias dari botol kaca dan kaca jendela bergambar. Ada juga kerincingan atau lonceng angin yang bisa kamu buat dengan cara membuat kerajinan limbah kaca.

 

CARA MEMBUAT HIASAN DARI KACA

 

Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari kaca, baik itu yang sederhana hingga yang rumit.

Mungkin tidak semuanya bisa langsung kamu coba, tentunya bergantung pada kemampuanmu dalam membuat kerajinan tangan juga. Tapi sebagian besar cara membuat hiasan kaca di halaman ini cukup mudah kok.

 

Cara Membuat Hiasan dari Kaca
Cara Membuat Hiasan dari Kaca

 

Lampu Hias dari Toples Kaca

 

Cara membuat hiasan dari kaca yang satu ini sangat mudah. Pertama-tama kamu hanya perlu menyiapkan toples kaca yang agak tinggi (jangan yang ceper seperti toples kue), kawat, tali rami, gelas kaca trasparan ukuran tanggung, dan manik-manik kaca warna. Kamu bisa menggunakan warna apapun yang kamu suka. Ukuran manik-manik pun bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

 

Cara Membuat Lampu Hias dari Kaca
Cara Membuat Lampu Hias dari Kaca

Kalau semua bahan sudah siap, mulailah dengan memasukkan gelas kaca ke dalam toples. Letakkan gelasnya di tengah-tengah, lalu gunakan manik-manik kaca warna untuk mengisi ruang antara gelas dan toples. Posisikan manik-manik sampai menutupi gelas.

 

Cara Membuat Lampu Tidur dari Botol Kaca
Cara Membuat Lampu Tidur dari Botol Kaca

Sampai di sini, toples kurang lebih akan tersusun seperti gambar di atas. Kamu tinggal melilitkan kawat untuk mengelilingi bagian leher toples dan membuat cantolannya. Terakhir, gunakan tali rami untuk menutupi kawat di bagian leher toples kaca.

Jika ingin menggunakannya, kamu hanya perlu menaruh lilin di dalamnya saat malam hari dan lampu romantis dari toples kaca pun sudah jadi. Kamu bisa memajang kerajinan kaca ini  di ruang keluarga, teras, ataupun balkon dekat taman rumahmu.

 

 

Cara Membuat Hiasan Kaca
Cara Membuat Hiasan Kaca

 

Botol Kaca Decoupage

 

Punya botol kaca yang tidak terpakai? Kamu bisa menggunakan teknik decoupage untuk membuatnya jadi hiasan kamar yang cantik lho!

Decoupage adalah seni menghias benda-benda seperti piring keramik, gelas kaca, bahkan tas jinjing dengan menggunakan potongan kertas atau kain yang bermotif-motif. Di artikel ini, kita akan membuat cara membuat hiasan dari kaca decoupage menggunakan botol.

 

Cara Membuat Lampu Hias dari Limbah Kaca
Cara Membuat Lampu Hias dari Limbah Kaca

Bahan yang perlu disiapkan adalah botol kaca, cat, serta kertas kado dengan berbagai motif.

Pertama-tama cat botol kosong sampai rata. Cat ini akan digunakan sebagai background untuk motifnya nanti, jadi lebih baik dicat polos saja. Kamu bisa memilih warna sesukamu. Cat permukaan luarnya dengan rata.

Sambil mengeringkan cat pada botol, mulailah memotong motif-motif dari kertas kado yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa menggunakan motif apapun yang tersedia. Bisa motif bunga, pita, atau motif-motif lainnya.

Setelah kamu memastikan cat di botol sudah kering sempurna, sekarang saatnya berkreasi. Tempelkan motif-motif yang sudah kamu potong tadi ke badan botol. Lem yang paling bagus untuk decoupage adalah merk Mod Podge (seperti pada gambar), tapi sayangnya lem ini masih sulit dicari di Indonesia. Sebagai gantinya kamu bisa kok menggunakan lem FOX atau lem PVAC.

Setelah kamu puas menata motif-motifnya kamu juga bisa menambahkan vernis khusus decoupage jika ingin hasil karyamu tahan lama. Kamu tinggal mengoleskan cairan vernis setelah karya decoupage-mu selesai, dijamin botol kaca tersebut akan tetap terlihat bagus walaupun sudah bertahun-tahun.

 

 

Kreasi Kaca Bekas
Kreasi Kaca Bekas

 

Lonceng Angin dari Potongan Kaca

 

Kamu pasti pernah melihat hiasan di dekat jendela yang berbunyi atau bergerak-gerak ketika ada angin? Hiasan itu disebut lonceng angin atau genta angin ataupun windchime. Nah lonceng angin tersebut bisa lho kita buat sendiri dari potongan-potongan kaca.

 

Cara Membuat Kerajinan Limbah Kaca
Cara Membuat Kerajinan Limbah Kaca

Untuk membuat lonceng angin ini, bahan yang harus kamu siapkan adalah 2 buah ram ring (lingkaran untuk kerajinan menyulam) yang ukurannya berbeda, cat, benang tebal, dan potongan kaca berwarna-warni. Kamu bisa mengganti potongan kaca dengan manik-manik kaca jika sulit mencarinya. Warnanya terserah keinginanmu.

 

Cara Membuat Hiasan Jendela Sekolah
Cara Membuat Hiasan Jendela Sekolah

Ikatlah ram ring tadi satu sama lain, dengan lingkaran yang kecil berada di dalam seperti gambar di atas. Pastikan tali terpasang dengan kencang/tegang supaya lingkaran yang berada di dalam terikat kencang.

Setelah ram ring saling terikat, buatlah tali yang menjuntai ke bawah pada masing-masing lingkaran. Tali ini akan berfungsi untuk mengikat hiasan lonceng angin ini.

 

Cara Membuat Lampu Meja dari Botol Kaca
Cara Membuat Lampu Meja dari Botol Kaca

Ikatlah potongan kaca atau manik kaca yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa mengikatnya seperti di gambar, ataupun diikat dengan lebih kuat lagi supaya tidak copot. Gunakan ukuran dan warna yang beragam supaya kerajinan kaca milikmu lebih menarik.

 

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Pecahan Kaca
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Pecahan Kaca

Lonceng angin akan terlihat seperti di gambar kalau sudah jadi. Kamu tinggal menggantungnya di jendela kamarmu.

 

 

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Kaca
Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Kaca

 

Kaca hias (kaca patri, kaca inlay, kaca grafir, dan lain-lain)

Karya seni kaca yang satu ini berbeda dari kerajinan kaca yang ditulis di atas. Kaca hias biasa digunakan sebagai hiasan rumah berupa kaca jendela, kaca pintu atau kaca hias ruang tamu. Jika kamu pernah datang ke masjid atau gereja yang besar, kamu juga bisa melihat contoh kaca patri terpasang di sana. Biasanya tempat-tempat ibadah tersebut menggunakan kaca-kaca hias yang indah dan megah.

Selain ukuran dan kerumitannya berbeda dengan kerajinan kaca yang dijelaskan sebelumnya, seni kerajinan yang satu ini perlu pendalaman khusus untuk dapat membuatnya. Saking istimewanya, pembuatan kerajinan kaca yang satu ini bahkan dijadikan mata pencaharian bagi banyak pengrajin.

 

Cara Membuat Kerajinan Kaca Datar
Cara Membuat Kerajinan Kaca Datar

Tidak hanya proses pembuatan kaca hias yang sulit, tapi teknik yang digunakan pun bermacam-macam. Ada teknik kaca patri yang menggunakan bingkai logam, teknik kaca grafir yang dibuat dengan menyemprotkan pasir, ataupun kaca bevel yang digerinda berkali-kali. Tidak heran hal ini membuat harga kaca jendela bergambar pun cukup tinggi. Bisa mencapai jutaan rupiah per meternya lho.

 

Walaupun begitu, ada juga kaca hias yang relatif mudah dibuat yaitu kaca lukis. Jenis kaca hias yang satu ini bisa dibuat dalam ukuran kecil. Alat dan bahan yang diperlukan pun hanya cat minyak dan kuas saja.

Kalau tertarik mengetahui bermacam-macam cara pembuatan kaca hias, kamu bisa membaca artikel-artikelnya di website ini melalui tautan berikut: Cara Membuat Kaca Hias

Pengunjung juga mencari:

  • kerajinan dari pecahan kaca dan cara pembuatannya
  • cara membuat kerajinan tangan dari pecahan kaca
  • cara membuat kerajinan dari kaca bekas
  • kerajinan tangan dari kaca
  • hiasan dari kaca
  • cara membuat kerajinan dari limbah pecahan kaca
  • kreasi dari kaca bekas
  • cara membuat kerajinan kaca datar
  • cara membuat lampu hias dari kaca
  • Cara membuat kap lampu dari bambu
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Membuat Hiasan dari Kaca
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment