Kaca patri sering kita ditemui sebagai kaca patri masjid, kaca patri gereja, ataupun kaca patri untuk jendela rumah. Cara membuat kaca patri sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Bahan baku kaca patri pun hanya membutuhkan kaca dalam berbagai warna (yang nantinya akan dipotong-potong), timah atau kuningan untuk rangkanya, serta timah solder. Nah, mari kita mulai bahas cara membuat kaca hias jendela menggunakan proses patri.

 

Kaca Patri Surabaya
Kaca Patri Surabaya

 

Kaca patri merupakan jenis kaca hias yang paling awal dan dulu berkembang dari Eropa. Teknik dan seni pembuatan kerajinan kaca patri diduga masuk ke Indonesia bersamaan dengan zaman penjajahan Belanda. Keindahan kaca patri membuatnya dulu hanya digunakan oleh kaum bangsawan atau para juragan di Indonesia.

Seperti yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya, kaca patri hanyalah salah satu jenis kaca hias. Ada banyak jenis lain seperti kaca grafir, kaca inlay, kaca bevel, dan kaca lukis.

Apakah perbedaan jenis-jenis tersebut? Cara yang mudah untuk mengetahui perbedaan beragam kaca hias adalah dengan mengetahui cara pembuatannya.

Setelah sebelumnya kita membahas cara mengukir kaca, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang cara membuat kaca patri kuningan dan timah.

 

 

Kaca Patri Jakarta Timur
Kaca Patri Jakarta Timur

 

CARA MEMBUAT KACA PATRI

 

Sama seperti kaca hias lainnya, cara membuat kaca patri kuningan dan kaca patri timah selalu dimulai dari menentukan desain motif atau model yang ingin dibuat.

Kami sudah menyiapkan beragam contoh desain yang bisa Anda lihat di halaman berikut: MODEL KACA PATRI TERBARU

 

Setelah ditentukan desain seperti apa yang akan diinginkan, maka selanjutnya pengrajin akan membuat sketsa desain dengan skala skala 1:1. Sketsa yang menggunakan ukuran sebenarnya ini penting karena akan dijadikan dasar pemotongan dan pemasangan kaca nantinya. Di bawah ini adalah salah satu contoh sketsa kaca hias.

 

Kaca Patri Bandung
Kaca Patri Bandung

 

Dari desain yang sudah ada, pengrajin akan mempersiapkan bahan yang diperlukan. Kaca dengan warna-warna yang akan dipakai, batangan timah atau kuningan yang akan dijadikan rangka, serta bahan-bahan pelengkap lainnya.

 

Bahan kaca berbagai warna kemudian dipotong sesuai pola sketsa tadi. Ada berbagai jenis alat pemotong kaca yang bisa digunakan, sesuai dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing pengrajin. Tapi yang sering dipakai adalah yang berbentuk seperti pena.

 

Kaca Patri Jendela Rumah
Kaca Patri Jendela Rumah
Bahan Kaca Patri
Bahan Kaca Patri

 

Menggunakan alat pemotong kaca, pengrajin tinggal membuat garis meniru pola pada sketsa desain tadi. Lembaran kaca warna yang sudah digaris tersebut tinggal ditekan sambil diberi sedikit tenaga supaya patah. Bisa menggunakan tangan saja, atau kadang ada yang menggunakan alat tang.

 

Bahan Patri
Bahan Patri

Nah, mematahkan kaca pun membutuhkan latihan dan pengalaman dari pengrajinnya, karena kaca belum tentu akan terpotong sesuai pola saat dipatahkan. Biasanya hasil potongan pemula akan terlihat kurang rapi ataupun sering salah sehingga harus mengulang untuk membuat potongan yang diinginkan.

 

Jika potongan-potongan kaca sudah siap, selanjutnya adalah perangkaian bahan kaca dan rangka logam. Kaca warna yang sudah dipotong-potong sesuai pola tadi akan disatukan satu per satu sambil diperkuat dengan batangan timah atau kuningan.

 

Kaca Patri Modern
Kaca Patri Modern

Cara merangkai kaca patri adalah dengan pertama-tama membentangkan sketsa desain berskala 1:1 yang sudah disiapkan, jangan lupa memaku atau mengelem kertas supaya tidak bergeser.

 

Kaca Patri Jogja
Kaca Patri Jogja

Pada tahap ini terserah kepada pengrajin mau memulai dari sebelah mana, misalnya dari salah satu sudut terlebih dahulu. Pilih potongan kaca yang sesuai untuk sudut tersebut, letakkan di atas kertas desain, lalu tempelkan batangan timah/kuningan mengelilingi kaca tadi. Potong batangan logam tersebut supaya ukurannya pas dengan potongan kaca tadi.

 

Cara Membuat Kaca Patri
Cara Membuat Kaca Patri

Batangan logam tersebut berfungsi sebagai frame atau bingkai untuk tiap potongan kaca, sekaligus nantinya yang akan menahan kaca tetap pada posisi ketika kaca patri sudah jadi. Saat menempelkan, pengrajin tidak menggunakan lem atau perekat. Hanya ditahan agar tidak bergerak dengan paku

 

Bahan Patri Kuningan
Bahan Patri Kuningan

Jika dipasang dengan pas, tekanan dari paku akan membuat kaca dan bingkai logamnya tetap menempel walaupun tanpa lem/perekat. Tapi berhati-hatilah agar tidak terlalu menekannya karena bisa-bisa kaca akan terbang berhamburan.

 

Jadi tekanan yang diberikan pada kaca hias yang sedang dirakit juga harus pas. Di sinilah feeling dan pengalaman pengrajin kaca patri sangat berperan

 

 

Cara Patri Kuningan
Cara Patri Kuningan

Walaupun kaca hias sudah terpasang dan berbentuk seperti pola desainnya, proses pengerjaan belum selesai. Selanjutnya adalah tahap pematrian rangka logamnya.

Setelah semua potongan kaca terpasang pada tempatnya dan terbingkai oleh timah/kuningan, rangka logam tersebut dipatri agar kuat dan tidak bergerak-gerak. Untuk tahap ini pengerjaannya cukup mudah.

 

Pengrajin tinggal menggunakan alat solder untuk melelehkan timah patri di sudut pertemuan rangka satu dengan lainnya. Cara patri kuningan dan timah tidak terlalu berbeda. Yang jelas pada tahap ini perlu dipastikan bahwa pematrian sudah kokoh baru paku yang dipasang pada tahap sebelumnya dilepas.

 

 

Kaca Patri Bandung
Kaca Patri Bandung

Nah, proses pembuatan kaca patri yang terakhir adalah melakukan finishing. Ada bermacam-macam kegiatan yang bisa dilakukan, yang pada intinya adalah memastikan hasil karya kaca tersebut sudah maksimal.

Finishing yang umumnya dilakukan pengrajin adalah pengecekan apakah masih ada bagian yang cacat atau kurang kuat terpasang. Kaca juga akan dibersihkan dan rangka logamnya juga digosok supaya lebih berkilau.

Tergantung Anda memesan dari pengrajin kaca hias daerah mana, bisa saja dilakukan pewarnaan rangka. Biasanya ini dilakukan untuk rangka timah. Contohnya pengrajin kaca patri Jawa Timur akan mewarnai hitam rangka timah tersebut, sementara pengrajin kaca hias Jogja biasanya membiarkannya tanpa pewarnaan.

Setelah kaca patri yang dibuat sudah sempurna dan dicek dengan maksimal, kaca tinggal dikemas untuk pengiriman.

Kaca patri tersebut tinggal dipasang pada bingkai jendela atau pintu di bangunan yang diinginkan.Pemasangan bisa dilakukan oleh pengrajinnya sendiri, seperti yang kami lakukan di Kaca Hias SELARAS, ataupun oleh kontraktor bangunan Anda jika mereka cukup terampil.

 

 

 

Kaca Patri Palembang
Kaca Patri Palembang

 

KESIMPULAN

 

Cara membuat kaca patri sebenarnya cukup sederhana, tapi untuk melakukannya tentu saja membutuhkan ketelitian, keterampilan dan pengalaman yang tidak mudah didapat. Jadi walaupun kaca patri memiliki harga yang cukup mahal, tapi tentunya sepadan dengan karya yang dihasilkan.

 

Anda bisa mengecek kisaran harga kaca patri yang sudah jadi di website kami menggunakan tautan berikut: HARGA KACA PATRI PER METER

 

Jadi begitulah cara membuat kaca patri. Jika Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya, akan sangat jelas perbedaan kaca patri dengan kaca grafir yang dibuat dengan menembakkan pasir (sandblasting). Untuk selanjutnya, kami akan membahas CARA MEMBUAT KACA INLAY.

 

Pengunjung juga mencari:

  • alat dan bahan membuat kaca grafir
  • bahan membuat kaca patri
  • bahan pewarna untuk kaca patri
  • jual solder buat kaca patri
  • rangka timah pewarna
  • serbuk kaca dipakai patri kuningan
  • solder kaca patri
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Membuat Kaca Patri
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment